Public Hearing di Balikpapan – Jasa Pengiriman Barang Kehilangan Pendapatan Karena Monopoli

PemprovKaltimSamarinda (06/5) – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mendukung KPPU mengawasi kegiatan usaha di Kaltim, hal tersebut disampaikan  Farid Wadjdy Wakil Gubernur Kalimantan Timur saat menerima kunjungan KPPU di Kantor Gubernur Kaltim.

Ketua KPPU, M. Nawir Messi  yang turut hadir dalam kunjungan menyampaikan KPPU akan fokus pada 7 daerah utama sebagai Pilot Project. Untuk mendukung pengawasan serta harmonisasi maka MoU dapat menjadi Instrumen untuk memfasilitasi KPPU, serta sebagai evaluasi dari kinerja KPPU. Farid menyampaikan bahwa Kaltim membutuhkan KPPU untuk mengawasi kegiatan bisnis.

Sementara Komisioner KPPU, Syarkawi  menyatakan bahwa Menciptakan ekonomi yang terbuka menjadi tujuan bersama antara KPPU dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Hal tersebut juga tertuang di dalam visi Gubernur Kaltim yang akan dituangkan dalam rencana kerjasama KPPU dengan provinsi Kaltim melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU).

Disampaikan pula dalam MoU nanti akan dituangkan peran KPPU yakni  memiliki wewenang memberi penilaian dalam penyusunan kebijakan di Kalimantan timur, agar kedepanya tidak terjadi pelanggaran terhadap UU No.5 Tahun 1999. Sementara itu Farid menyatakan setuju bilamana hal tersebut dapat dituangkan dalam Nota Kesepahaman. (mks)