KPPU KPD Balikpapan tingkatkan kerjasama dengan Kabupaten Penajam Pasir Utara

2015-08-25-kpd-balikpapan

Penajam Pasir Utara (25/8) – KPPU KPD Balikpapan melakukan kunjungan ke Kabupaten Penajam Pasir Utara. Atas nama Pemerintah Kabupaten Penajam Pasir Utara, Mustaqiem, Wakil Bupati, menerima kunjungan Kepala KPD Balikpapan, Ahmad Muhari. Kunjungan ini dilakukan guna menjalin kerjasama yang baik dengan stakeholder, khususnya terkait penyampaian saran dan pertimbangan kepada pemerintah daerah.

Saat ini, terdapat beberapa permasalahan yang berkaitan dengan sektor usaha, yaitu dari perizinan hingga kegiatan usaha. KPPU perlu melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah terkait adanya tumpang tindih izin usaha yang terjadi maupun sejumlah pekerjaan proyek pembangunan yang telah dilaksanakan namun tender tersebut belum selesai dilakukan. Pada pertemuan tersebut, Mustaqiem berharap adanya kegiatan sosialisasi pemahaman UU No. 5 Tahun 1999 secara komprehensif kepada jajaran SKPD dan pelaku usaha di Kabupaten Penajam. “Hal ini perlu dilakukan untuk memberikan informasi terkait larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat”, terang Mustaqiem.

“Dengan melakukan sosialisasi terkait pengadaan barang dan jasa dari sisi UU No. 5 Tahun 1999, diharapkan pelaksanaan tender atau lelang di Kabupaten Penajam akan lebih mengedepankan prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat,” jelas Muhari. Ke depannya, melalui KPD Balikpapan, KPPU akan meningkatkan kerjasama dengan Kabupaten Penajam Pasir Utara pada kegiatan sosialisasi, bimtek, forum diskusi, maupun kegiatan lainnya.