KPPU KPD Balikpapan Sosialisasikan Prinsip-Prinsip Persaingan Usaha di Samarinda

Samarinda (22/4) – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU)  KPD Balikpapan melakukan  Sosialisasi Prinsip-Prinsip Persaingan Usaha kepada para akademisi dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Hukum, Universitas Widyagama Mahakam,Samarinda, Kalimantan Timur . Dalam kegiatan itu, dihadiri Kepala KPD Balikpapan, Akhmad Muhari.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Hukum, Universitas Widyagama Mahakam,Samarinda Wahyuni Safitri mengatakan, KPPU merupakan lembaga yang sangat penting karena merupakan satu-satunya lembaga yang mengawasi persaingan usaha di Indonesia. Seluruh mahasiswa yang hadir diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius sehingga dapat menambah pengetahuan di bidang ilmu hukum persaingan usaha.

Sementara itu, Akhmad Muhari menyampaikan materi terkait dengan latar belakang Undang-Undang Persaingan Usaha dimana pada masa orde baru perkembangan usaha swasta diwarnai oleh berbagai bentuk kebijakan pemerintah yang kurang tepat. Para pengusaha yang dekat dengan elit kekuasaan mendapatkan kemudahan yang berlebihan.

KPPU memiliki 4 (empat) tugas utama yaitu: Advokasi Kebijakan, Penegakan Hukum, Pengendalian Merger, Pengawasan Kemitraan. Salah satu contoh perkara besar yang ditangani oleh KPPU adalah Kartel Sepeda Motor Yamaha dan Honda, dimana Honda dan Yamaha terbukti melanggar Pasal  5 UU Nomor 5 Tahun 1999 sehingga KPPU menghukum Yamaha sebesar 25 miliar serta Honda 22,5 miliar.

Pada akhir pemaparannya, Akhmad Muhari mengungkapkan apabila mahasiswa ingin melakukan kunjungan, praktek atau penyusunan Skripsi dapat langsung datang ke KPPU KPD Balikpapan yang beralamat di Gedung Keuangan Negara Lt. 3, Jl . Jend. Ahmad Yani No. 28, Balikpapan.

 

IMG_20170422_153004_HDRIMG_20170422_152657