Stok Beras dan Gula untuk Kaltim dan Kaltara Aman hingga Tahun Depan

STOK MELIMPAH: Perum Bulog Divre Kaltim dan Kaltara memastikan cadangan beras dan gula di gudang mereka cukup untuk sembilan bulan ke depan. (ANGGI PRADITHA/KP)

PROKAL.CO, BALIKPAPAN – Jelang Ramadan, stok beras dan gula dipastikan aman. Bahkan hingga sembilan bulan ke depan. Kabid Pengadaan Operasional Pelayanan Publik Divisi Regional Bulog Kaltimra Agung Setiabudi mengatakan, stok beras dan gula pasir cukup untuk sembilan bulan ke depan. Yakni sebanyak 17.600 ton beras dan 1.000 ton gula di gudang penyimpanan Bulog di kawasan Gunung Malang.

“Kalau untuk Balikpapan, dari total stok yang ada sebanyak 5.100 ton beras. Itu bisa dikonsumsi hingga 24 bulan ke depan. Sedangkan gula pasir sebanyak 800 ton untuk 30 bulan,” ujarnya.

Untuk harga, lanjutnya, akan dijaga dengan stabil. Yakni kisaran Rp 12.500 – Rp 13.000 per kilogram gula. Bila harga di pasaran melonjak melebihi kondisi stabil, maka Bulog akan turun ke lapangan untuk menjual dengan harga stabil. Yakni Rp 12.500 per kilogram gula pasir. “Kami jaga stabilitas harga. Salah satunya dengan pasar murah,” terangnya.

Selain itu, agar masyarakat kurang mampu bisa mempersiapkan stok bahan makanan selama Ramadan, pekan ini Bulog akan membagikan beras sejahtera (rastra) untuk keluarga penerima manfaat di tiap kabupaten/kota. “Untuk Balikpapan minggu ini segera dibagikan. Surat penerbitan sudah keluar dan langsung untuk lima bulan pemberian,” paparnya.

Dia juga menambahkan, kestabilan harga juga didukung dengan adanya Rumah Pangan Kita (RPK). Dengan 257 RPK yang tersebar di Balikpapan bisa membantu memenuhi kebutuhan pokok gula dan beras dengan harga terjangkau. kaltim.prokal.co