KPD BALIKPAPAN RESMI KANTOR BARU YANG BEBAS DAN INDEPENDENT

 

IMG_4435Balikpapan-Setelah 11 (sebelas) tahun KPD Balikpapan berdiri sebagai perpanjangan tangan dari KPPU Pusat yang berkantor di Gedung BRI Lt.7, Jl. Jend. Sudirman No. 40 Balikpapan, Kalimantan Timur, dengan semangat baru dan menyongsong tahun yang baru pada tanggal 21 Desember 2016 Kantor KPPU Perwakilan Balikpapan secara resmi telah bergabung dengan kantor Kementerian Keuangan dengan menempati Lantai 3 Gedung Keuangan Negara Balikpapan, Jl. Jenderal A. Yani No. 28, Klandasan Ilir Balikpapan. Pada moment tersebut, KPPU telah mengadakan seremonial Peresmian Gedung Baru Kantor KPD Balikpapan, dengan diundang beberapa stakeholder Pemerintah Daerah Wilayah Kalimantan Timur, Kementerian terkait, dan instansi Pemerintah lain, Kepolisian Daerah Kalimantan Timur, Walikota Balikpapan, Walikota Samarinda, Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Timur, Kadin Kalimantan Timur, BPK Perwakilan Kalimantan Timur, OJK Kalimantan Timur, Perwakilan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalimantan Timur, serta  wartawan media nasional dan lokal.

IMG_4457Lazimnya seremonial peresmian, KPPU memberikan kesempatan kepada Gubernur Pemerintah Provisni Kalimantan Timur  yang diwakili oleh Asisten II Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Bpk. Ichwansyah. Beliau menyampaikan ucapan selamat kepada KPPU atas bergabungnya KPD Balikpapan di gedung keuangan Negara di Balikpapan, beliau juga menyampaikan harapan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Rakyat Kalimantan Timur agar KPPU khususnya KPD Balikpapan dapat menjalankan amanat UU No. 5 Tahun 1999 dengan baik, menegakkan hukum persaingan dan mengawasi segala bentuk kemitraan yang ada di Kalimantan Timur agar pelaku usaha di Kalimantan Timur memiliki prilaku yang sehat dalam menjalankan aktifitasnya. Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan bersenergi dengan KPPU yaitu akan lebih kerap meminta saran dan masukan dalam membuat kebijakan kepada KPPU. Mendukung KPPU dalam memberantas prilaku kartel yang ada di Kalimantan Timur.

Senada dengan sambutan sebelumnya, Bpk. Ade Rohman selaku Kanwil Perbendaharan Kementrian Keuangan. Beliau dalam sambutan menyampaikan ucapan selamat atas bergabungnya KPD KPPU Balikpapan di kantor Keuangan Negara. Beliau juga menyampaikan bahwa pihaknya mendapat keluarga baru dengan hadirnya KPD Balikpapan yang menempati salah satu lantai di gedung Keuangan Negara Balikpapan. Harapanya, KPPU dan Kementrian Keuangan semakin solid dalam kerjasama yang selama ini dibangun.

IMG_4464Sambutan terakhir disampaikan oleh Ketua KPPU RI, Bpk. Syarkawi Rauff. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh undangan yang menyempatkan hadir dalam acara peresmian kantor KPD Balikpapan khusunya kepada Kementrian Keuangan Negara, Kantor Perwakilan Kalimantan Timur dan Kantor Keuangan Negara Balikpapan yang telah bersedia memberikan izin penggunaan gedung bersama-sama dengan Keuangan Negara Balikpapan. Beliau juga  menekankan bahwa tidak terasa 16 tahun sudah KPPU hadir untuk mengemban amanat dan tugas besar untuk mengawasi persaingan usaha di negeri ini. Hal tersebut tidaklah mudah karena sepanjang perjalanan tersebut KPPU menghadapi banyak tantangan, memberikan edukasi kepada seluruh pihak mengenai pemahaman persaingan usaha, melakukan penegakan hukum persaingan terhadap pelaku usaha yang nakal hingga menghadapi banyak musuh baru dari berbagai lini.

Beliau juga menyampaikan bahwa diusia 16 tahun apabila direfleksikan merupakan usia menuju kedewasaan, KPPU akan menghadapi lebih banyak tantangan, prioritas KPPU untuk memerangi kartel khususnya di sektor pangan akan terus disinergikan pelaksanaan yang ujungnya untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Diakhir sambutannya beliau menekan kembali bahwa KPPU dalam usianya yang menginjak angka 16 tahun, selalu berupaya untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya demi kepentingan rakyat. Untuk itu KPPU selalu berusaha untuk selalu merangkul rekan-rekan dari pemerintah, pelaku usaha, media, dan stakeholder lainnya agar terus bersama-sama memberantas tindakan yang melanggar persaingan usaha.

Usai sambutan para undangan menyaksikan pemotongan pita dan pemotongan tumpeng sebagai peresmian gedung baru yang ditempati oleh KPD Balikpapan dalam menjalankan tugas KPPU Pusat di daerah. (aadz)