Penjual siasati cabai agar harga turun

IMG_4567 IMG_4596IMG_4576Senin, 16/11/17, Karena kondisi cuaca yang tidak stabil harga cabai alami kenaikan, termasuk di Balikpapan. KPD Balikpapan beserta tim TPID telah melakukan pemantauan harga cabai di salah satu pasar terbesar di Balikpapan yaitu di pasar pandansari yang terletak di kecamatan Balikpapan Barat.

Dari hasil sidak, Ahmad Muhari menjelaskan bahwa harga memang sudah turun namun penjual melakukan siasat agar harga bisa dijangkau konsumen. Harga cabai yang kondisinya bagus harganya berkisar Rp. 90.000,-/kg sedangkan cabai yang kondisinya bercampur antara yang bagus dan tidak bagus harganya berkisar Rp. 75,000,-/kg.

Harga ini ternyata sudah disepakati oleh semua penjual cabai, karena pokok beli cabai yang kondisinya bagus adalah Rp. 80,000,- ujar salah satu pedagang. Agar supaya cabai laku mereka mensiasati cabai kondisi yang bagus dicampur dengan cabai yang kondisinya yang tidakĀ  bagus.

Salah satu penjual itu juga menjelaskan cabai dengan kondisi bagus mereka peroleh dari luar yang tranportasinya menggunakan pesawat, sedangkan harga yang tidak bagus menggunakan transportasi kapal laut, karena itulah harga terbentuk menjadi dua bagian. Agar laku mereka mencampurnya dan dijual dengan harga yang mereka sepakati. (aadz)