Distributor Pangan Terus Diawasi

BALIKPAPAN  –  Pemerintah terus menjaga ketersediaan dan mengamankan bahan pokok. Di antaranya melakukan pengawasan terhadap distributor pangan di Kaltim dan Kaltara.

Untuk mempermudah koordinasi, dilakukan Rapat Koordinasi (Rakor) pangan melibatkan antar kementerian atau lembaga, termasuk menteri dan gubernur melalui video conference. “Penekanan untuk mengawasi distributor pangan,” sebut Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin usai mengikuti video conference di ruang Informasi Teknologi (IT) Markas Komando (Mako) Polda Kaltim, Jalan Syarifuddin Yoes, Balikpapan, kemarin (2/8).

Video conference tersebut diikuti seluruh lembaga, kementerian, dinas, kepolisian seluruh nusantara yang dipusatkan di Jakarta. Dihadiri pula Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Di Polda Kaltim, hadir pula Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Bulog, Dinas Pertanian dan Perdagangan. “Pemerintah akan terus menekan inflasi pangan, dengan memandang dari sudut perekonomian tanpa menimbulkan gejolak,” tambahnya.

Terpisah, Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Pol Yustan Alpiani mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan anggota melakukan pengawasan dan meminimalisasi dugaan praktik penimbunan serta monopoli. “Dugaan ada monopoli yang dilakukan oknum hingga harga bahan pokok melambung saat ini belum kami temukan,” kata mantan Wakapolres Balikpapan dan Kutai Timur ini. (aim/rsh/k18/KPG).PROKAL.CO