SOSIALISASI DAN ASISTENSI DAFTAR PERIKSA KEBIJAKAN PERSAINGAN USAHA DI KOTA BONTANG

20170907_144730
Kepala Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Perwakilan Balikpapan, Akhmad Muhari menyampaikan sosialisasi dan asistensi daftar periksa kebijakan persaingan usaha di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kota Bontang, dengan peserta SKPD Kota Bontang, Kamis(24/8/2017.
KPPU mengharapkan Pemerintah Kota Bontang dapat menggunakan Daftar Periksa Kebijakan Persaingan Usaha sebagai alat untuk mengevaluasi maupun sebagai alat untuk menyusun kebijakan agar selaras dengan UU No. 5/1999.
Akhmad mengatakan,bahwa pertumbuhan dunia usaha di Kota Bontang tentu saja perlu didukung oleh tersedianya perangkat kebijakan yang tepat, yaitu kebijakan yang akan semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Bontang. KPPU dalam hal ini mendukung setiap kebijakan Pemerintah Kota Bontang yang dapat semakin memajukan dunia usaha. Oleh karena itu, KPPU berperan untuk mendukung kebijakan Pemerintah tersebut dengan menselaraskan setiap kebijakan pemerintah di Kota Bontang dengan UU No. 5/1999 sehingga akan tercipta kebijakan yang membuka peluang usaha sebesar-besarnya bagi masyarakat serta terciptanya persaingan usaha yang sehat.
Kesempatan Lain Liasari , Kepala Bagian Pencegahan KPPU, menyampaikan mengenai isi serta tata cara menggunakan Daftar Periksa Kebijakan Persaingan Usaha baik ketika diterapkan dalam draft kebijakan, maupun dalam kebijakan yang telah disahkan. Materi yang disampaikan adalah isi serta contoh kasus kebijakan yang bersinggungan dengan prinsip persaingan sehat dalam UU No, 5/1999 pada setiap pertanyaan dari Daftar Periksa I hingga Daftar Periksa IV.(Iwan Kurniawan)