KPPU sampaikan Kuliah Umum di Universitas Balikpapan

Kulum 1Balikpapan (23/10) – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU)  menyampaikan Kuliah Umum Kuliah Umum dengan tema “Competition Policy & Economic Development” di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Balikpapan. Dalam kegiatan itu, dihadiri Bapak Nawir Messi selaku Anggota Komisi serta didampingi oleh Kepala KPD Balikpapan, Akhmad Muhari.

Dalam sambutannya, Wakil  Dekan Fakultas Ekonomi, Universitas Balikpapan, C. Prihandoyo, SE., MM menyampaikan bahwa  kehadiran KPPU  dalam lingkungan kampus Universitas Balikpapan tidak asing lagi, karena sebelumnya Komisi VI DPR RI telah datang ke Universitas Balikpapan dalam rangka meminta masukan terkait dengan Amandemen UU Nomor Tahun 1999. Peserta yang hadir dalam kuliah umum ini adalah dosen dari Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi serta Mahasiswa Fakultas Ekonomi semester 7 yang diharapkan dapat menjadikan kuliah umum ini sebagai bahan masukan untuk penyusunan Skripsi.

Sementara itu, Bapak Nawir Messi menyampaikan materi terkait dengan hubungan antara kebijakan persaingan dan pembangunan ekonomi, dimana apabila suatu negara memiliki indeks persaingan usaha yang tinggi maka secara langsung dapat memberikan efek posistif terhadap pembangunan negara tersebut. Hal ini dapat dilihat dari sejarah Negara Indonesia dimana pada masa orde baru dapat dipastikan tidak adanya persaingan usaha antar pelaku usaha, dimana bisnis berjalan berdasarkan konsensi dan kedekatan dengan pemerintah orde baru. Akibatnya pada saat krisis ekonomi global tahun 1998, Indonesia langsung mengalami goncangan perekonomian yang sangat dahsyat. Oleh karena itu, pada tahun 1999 diterbitkanlah UU No 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaiangan Usaha Tidak Sehat dengan KPPU sebagai lembaga yang mengawasi persaingan usaha di Indonesia. Setelah hampir 17 Tahun berdiri, KPPU telah memutuskan beberapa perkara yang langsung memberikan efek positif terhadap perekonomian dan konsumen, salah satu contohnya adalah kasus kartel SMS dan persaingan dalam industri penerbangan.

Pada akhir pemaparannya, Nawir Messi mengungkapkan apabila dosen ingin melakukan kajian dan penelitian terkait dengan persaingan usaha maka beliau akan membantu dari sisi data  bahkan memberikan informasi pihak donor yang dapat membiaya penelitian tersebut. Bagi mahasiswa Universitas Balikpapan tingkat akhir yang akan menyusun Skripsi dapat menghubungi KPPU KPD Balikpapan.(is)