Awasi Persaingan Usaha, Jokowi Gencarkan Program Kemitraan Ke Kaltara

TARAKAN-Awasi Persaingan Usaha di Wilayah Kalimantan Utara, Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Repubik Indonesia lakukan sosialisasi Prinsip-prinsip Usaha Sehat kepada seluruh Pengusaha Mikro kecil Menegah yang ada di Kalimantan Utara di Swissbell hotel Tarakan (09/04/2018).
Salah satu Narasumber Saidah Sakwan yang juga merupakan Komisioner KPPU RI menjelaskan, dalam melakukan pemerataan usaha sekaligus meredam monopoli yang dilakukan pengusaha besar seluruh Indonesia termasuk di Kalimantan Utara, Presiden Republik Indonesia Jokowi Dodo siapkan dua program kebijakan.

“Ada dua program kebijakan yang dijalan Presiden Jokowi Dodo saat ini, yakni Reritbususi asset dan program kemitraan, keduanya adalah upaya yang dilakukan KPPU diseluruh Indonesia guna pemerataan.

Mantan Anggota DPR RI asal Demak ini juga menceritakan, bukan hanya perusahaan besar local yang diawasi melainkan juga perusahaan besar dari luar negeri yang masuk ke Tanah air dan mematikan pengusaha kecil yang ada di daerah.
“KPPU tidak ingin ada kasus seperti di Kalimantan Timur, perusahaan Mitra Kukar dan Manchester United yang tidak seimbang, inikah persaingan bebas yang akan berdampak pada matinya pengusaha kecil local”, ungkap Saidah.

Saidah menerangkan, pola yang harus dibangun yakni program Kemitraan agar pelaku usaha besar yang melakukan monopoli, maupun yang dialkukan oleh perushaan BUMN, tidak mengambil seluruh proyek melainkan mengajak serta membangun kemitraan kepada pengusaha-pengusaha kecil, dengan konsep dari hulu kehilir.
“Sebagaimana Fungsinya KPPU adalah lembaga yang dibentuk untuk mengawasi persaingan usaha, melakukan pengawasan pelaksanaan kemitraan secara setrtib dan teratur agar terjadi persaingan yang sehat”, tutup Saidah.

(YH)

Sumber: https://www.lenterakaltara.com