Kepala KPD Balikpapan sampaikan Prinsip-Prinsip Persaingan Usaha Sehat kepada Stakeholder Pertamina

 

BALIKPAPAN (21/3)-  Legal Counsel & Compliance Pertamina Balikpapan kembali menggelar acara Legal Preventive Program (LPP) dengan tema “Prinsip-Prinsip Persaingan Usaha Sehat kepada stakeholder penyedia barang&jasa Pertamina”.

Dalam pemaparannya, Abdul Hakim Pasaribu menyampaikan bahwa sebagian besar perkara yang ditangani oleh KPPU adalah terkait dengan Persekongkolan Tender. “Persekongkolan tender ini dapat dibagai menjadi 3 (tiga) kategori yaitu Horizontal (sesama pelaku usaha) Vertikal (pelaku usaha dan panitia) serta campuran vertikal dan horizontal. Walaupun saat ini proses pengadaan barang dan jasa sudah dilakukan dengan cara elektronik, namun masih banyak pelaku usaha yang mencari celah untuk melakukan persekongkolan. Akan tetapi, KPPU dapat mengungkap kecurangan yang dilakukan oleh pelaku usaha, salah satunya adalah dengan metode digital forensik” tambah Abdul Hakim.

 

“Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam melaksanakan pengadaan barang dan jasa harus taat kepada UU Nomor 5 Tahun 1999 serta Perpres 54 khususnya para stakeholder,” tutup Abdul Hakim dalam pemaparannya.