Kepala KPD KPPU Balikpapan sampaikan Materi Pengawasan Kemitraan kepada Koperasi di Kutai Kartanegara

 

Kamis (8/3), Komisi Pengawas Persaingan Usaha Kantor Perwakilan Daerah Balikpapan diundang oleh Dinas Perindustrian,Perdagangan, Koperasi dan UMKM Provinsi Kalimantan Timur untuk menyampaikan materi pengawasan kemitraan dalam Diklat Perkoperasian Bagi Koperasi Perkebunan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi MoU antara KPPU dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur terkait dengan pengawasan kemitraan.

Diklat Perkoperasian dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 6 Maret sampai dengan 8 Maret 2018, adapun KPPU mengisi materi pada hari ketiga. Abdul Hakim Pasaribu selaku Kepala KPD KPPU Balikpapan menyampaikan pentingnya koperasi bagi perekonomian Indonesia. Peserta yang hadir merupakan koperasi Inti Plasma Perkebunan Kelapa sawit di Kabupaten Kutai Kartanegara, hal yang sangat ditekankan dalam kemitraan ini adalah harusĀ atas dasar prinsip saling memerlukan, mempercayai, memperkuat, dan menguntungkan. Setiap perjanjian kemitraan inti plasma harus dibuat melalui prosedur:

  1. Dibuat dalam Perjanjian Tertulis (bahasa Indonesia dan ditambah bahasa asing apabila pihak yang bermitra salah satunya merupakah orang/badan hukum asing) yang sekurang kurangnya mengatur kegiatan usaha, hak dan kewajiban masing-masing pihak, bentuk pengembangan, jangka waktu dan penyelesaian perselisihan
  2. Perjanjian Kemitraan dilaporan kepada pihak yang berwenang sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan
  3. Perjanjian Kemitraan tidak boleh bertentangan dengan prinsip dasar kemandirian & tidak menciptakan ketergantungan

Pada akhir sesi dilakukan tanya jawab dan diskusi, terdapat beberapa permasalahan yang dialami oleh koperasi yaitu tidak adanya keterbukaan dari perusahaan inti terkait pengelolaan kebun kelapa sawit serta jumlah hutang koperasi kepada Bank yang semakin besar sehingga berimplikasi terhadap SHU yang dibagikan kepada anggota koperasi sangat kecil. KPPU akan menindaklanjuti semua permasalahan yang ada, dengan syarat koperasi menyampaikan copy perjanjian kemitraan kepada Satgas Kemitraan KPPU atau dapat juga disampaikan ke melalui Dinas Koperasi Kabupaten Kutai Kartanegara. (is)