Kepala KPPU KPD Balikpapan: Kemitraan Inti Plasma Harus Saling Menguntungkan

Tana Paser-“Kemitraan Inti Plasma itu harus saling memerlukan, mempercayai, memperkuat, dan menguntungkan”, ujar Kepala  KPD KPPU Balikpapan, Abdul Hakim Pasaribu seraya menceritakan pengalaman orangtuanya di Sumatera Utara yang bertani Kelapa Sawit. Hal ini disampakan dalam kegiatan Diklat Perkoperasian bagi Koperasi Perkebunan di Kabupaten Paser Kamis, (15/3).

Kepala KPD Balikpapan mengajukan beberapa pertanyaan kepada para pengurus koperasi, salah satunya apakah kemitraan inti plasma kelapa sawit yang dijalin selama ini saling menguntungkan. sebanyak 20 peserta diklat menjawab tidak menguntungkan karena saat ini jumlah hutang koperasi terhadap plasma masih banyak.

KPPU merupakan lembaga negara yang diberikan kewenangan sesuai  Pasal 36 UU 20/2008 dimana: “Pelaksanaan Kemitraan diawasi secara tertib dan teratur oleh lembaga yang dibentuk dan bertugas untuk mengawasi persaingan usaha”. Kepada para peserta diminta untuk melaporkan permasalahan kemitraan inti plasma kepada Satgas Kemitraan KPPU. (is)