Kepala KPD Balikpapan Sidak Bersama Walikota

Balikpapan (16/5) – Sebagai salah satu tindak lanjut Rapat Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah Kota Balikpapan melaksanakan Sidak Ketersediaan Barang Pokok menjelang Bulan Puasa dan Idul Fitri 1439 H, terdapat 2 (dua) tempat yang disidak yaitu Pasar Tradisional Klandasan dan Pasar Moder Foodmart E-Walk.

Berdasarkan hasil temuan di lapangan, terdapat beberapa harga kebutuhan pokok yang naik yaitu daging ayam berkisar Rp. 60.000 per ekor dimana pada hari-hari biasa hanya sekitar Rp. 40.000 per ekor. Kenaikan harga ini perlu ditelusuri apakah dikarenakan terbatasanya jumlah pasokan ayam atau diduga ada permainan harga yang dilakukan oleh pedangan besar maupun pengecer di pasar.

“KPPU telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pertanian dimana diiformasikan jumlah pasokan ayam siap potong tersedia sampai dengan lebaran, perlu dilakukan penyelidikan lebih lanjut dari jalur distribusi mulai pengadaan DOC sampai ke pengecer mengapa harga bisa melonjak naik” pungkas Abdul Hakim Pasaribu selaku Kepala KPD KPPU Balikpapan.

KPPU KPD Balikpapan setelah sidak ini akanĀ  langsung mengikuti video conference dengan SATGAS Pangan POLRI di Polda Kaltim untuk membahas perkembangan pengawasan komoditas bahan pokok di seluruh Indonesia khususnya di Provinsi Kalimantan Timur. (is)