KPPU Balikpapan Kumpulkan Pelaku Usaha se-Kalimantan Utara

 

TARAKAN-Komisi Pengawas Persaingan Usaha hari ini mengumpulkan seluruh pelaku usaha se-Kalimantan Utara di Hotel Swissbel Tarakan dalam rangka sosialisasi Prinsip-Prinsip Persaingan Usaha Sehat.

“Kementerian PPN BAPPENAS telah menetapkan Program Prioritas Nasional Pencegahan Persaingan Usaha Tidak Sehat di Kalimantan Utara, oleh karena itu hari ini KPPU hadir di Kalimantan Utara mengumpulkan seluruh pelaku usaha agar dapat bersaing secara sehat dalam mendapatkan proyek” kata Wakil Ketua KPPU Kamser Lumbanradja dalam sambutannya, Senin (9/4/2018).

Saidah Sakwan selaku Komisioner KPPU RI menjelaskan, hampir 80% perkara yang ditangani oleh KPPU berkaitan dengan pelanggaran Pasal 22 UU Nomor 5 Tahun 1999 yaitu tentang Persekongkolan Tender. Kalimantan Utara merupakan Provinsi termuda dimana banyak dilakukan proyek infrastruktur yang menggunakan APBD maupun APBN, sehingga KPPU sesuai dengan tugas dan fungsinya akan melakukan pengawasan terkait proses tender di Kalimantan Utara.

“Sesuai dengan amanat UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Kecil, Mikro dan Menengah dimana KPPU juga ditugaskan untuk  melakukan pengawasan kemitraan yang melibatkan UMKM agar tidak terjadi penyalahgunaan posisi dominan oleh pelaku usaha besar kepada pelaku usaha kecil”. Jelasnya. (is)