Kepala KPD Balikpapan Hadiri High Level Meeting TPID Kota Balikpapan

Balikpapan (18/7) – Abdul Hakim Pasaribu selaku Kepala KPD Balikpapan didampingi oleh Kepala Bagian Pencegahan menghadiri High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID)  Kota Balikpapan yang dilaksanakan di Bank Indonesia Kantor Perwakilan Balikpapan.  Adapun yang memimpin HLM TPID Kota Balikpapan adalah Suharman Thabrani selaku Kpw BI Balikpapan, turut hadir stakeholder yang tergabung dalam TPID Kota Balikpapan.

Tema High Level Meeting TPID Kota Balikpapan kali ini adalah evaluasi inflasi ramadhan 2018 dan antisipasi kenaikan harga pangan strategis jelang Idul Adha 2018. Isu yang pembahasan utama adalah terkait dengan tingginya harga tiket Pesawat arus mudik dan arus balik dari Bandara SAMS Balikpapan, mahalnya harga tiket pesawat merupakan salah satu penyumbang inflasi terbesar. Oleh karena itu, pihak dari Polda Kaltim membuat posko pengaduan tiket mudik di Bandara SAMS Balikpapan.  Pihak Angkasa Pura SAMS Balikpapan menyampaikan bahwa terjadi peningkatan jumlah penumpang yang sangat signifikan pada saat arus mudik.

“Sebagai salah satu pencegahan,  KPPU telah mengirimkan Surat Saran Pertimbangan kepada Kementerian Perhubungan untuk menghapus tarif batas bawah. Selama ini yang membuat tiket penerbangan kita jadi mahal itu karena adanya regulasi tarif bawah di industri penerbangan. Kami sempat juga melakukan pemantauan dari aplikasi Traveloka dan Tiket.com untuk melihat pergerakan harga tiket pesawat dari Jakarta ke Balikpapan, ketika pemesanan dilakukan jauh-jauh hari sangat mahal akan tetapi menjelang hari keberangkatan menjadi turun, hal ini perlu dikaji lebih mendalam.” ungkap Abdul Hakim. Selain itu, hal yang menjadi perhatian KPPU KPD Balikpapan adalah adanya kenaikan harga pada komoditas daging ayam dan telur ayam di Kota Balikpapan,

KPPU telah menerjunkan tim untuk melaksanakan survey dan pengumpulan data informasi  ke lokasi kandang di sekitar jalan poros Balikpapan-Samarinda. Berdasarkan hasil temuan di lapangan, salah satu faktor yang menyebabkan mahalnya harga telur adalah kenaikan dollar dimana hampir 90% pakan ayam diimpor dari luar negeri serta keterbatasan pasokan dan adanya kenaikan biaya pengiriman. (is)