Cegah Persekongkolan Tender, Kepala KPD Balikpapan Audiensi dengan Wakil Walikota Palangka Raya.

Palangka Raya (4/9) – Dalam rangka meningkatkan hubungan dan kerjasama dengan Stakeholders khususnya instansi Pemerintahan di Wilayah Kerja KPD Balikpapan, Abdul Hakim Pasaribu selaku Kepala Kantor Perwakilan Balikpapan dan Tim melakukan audiensi dengan Wakil Walikota Palangka Raya.

Abdul Hakim menjelaskan kunjungan KPPU ini bertujuan untuk mensosialisasikan UU No.5/1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat dan keberadaan KPPU di lingkungan  Pemerintah Kota Palangka Raya terkait penyelarasan kebijakan yang telah diterbitkan agar tidak adanya persaingan tidak sehat. Mofit Saptono selaku Wali Kota Palangka Raya mengungkapkan “pengadaan barang dan jasa di ranah pemerintah Palangka Raya sesuai dengan peraturan pemerintah pusat dan dimungkinkan berjalan dengan baik. Tidak semua pelaku usaha di Palangka Raya bisa diakomodasi dikarenakan harus dilakukan lelang antara perusahaan untuk mendapatkan pekerjaan yang ada di Kota Palangka Raya”. Salah satu hasl yang menjadi perhatian adalah pengembangan ritel modern yang ada di Kota Palangka Raya telah dilakukan dengan baik dikarenakan kebijakan yang diambil berdasarkan kajian ilmiah oleh akademisi dari Universitas PalangkaRaya. Sampai aat ini belum adanya pelaporan yang buruk dilakukan oleh lembaga pengadaan di Kota Palangka Raya.

 

 

“Perlu dilakukan Asistensi terkait  Pengadaan barang dan jasa karena dengan adanya asistensi maka  pelaku usaha dan lembaga pengadaan mengetahui kegiatan yang boleh dilakukan agar selaras sesuai dengan peraturan di Indonesia” tutup  Pakpahan selaku Kepala Inspektorat di Pemkot Palangka Raya. (ik)