Kepala KPD Balikpapan Audiensi dengan Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura

Pontianak (30/8) – Dalam rangka meningkatkan hubungan dengan Stakeholders khususnya civitas akademika, KPPU KPD Balikpapan yang dipimpin langsung oleh Abdul Hakim Pasaribu selaku Kepala Kantor Perwakilan Balikpapan dan Tim melakukan audiensi dengan Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat.  Sehubungan dengan Dekan adanya kegiatan dengan Rektor, maka  Dekan tidak dapat menerima langsung sehingga Tim diterima oleh Dosen  Mata Kuliah yang berhubungan dengan Mata Kuliah Hukum Persaingan Usaha.

Abdul Hakim Pasaribu memaparkan kunjungan KPPU bertujuan untuk melakukan  kegiatan kuliah umum atau kuliah tamu terkait tugas, fungsi dan kewenangan KPPU dalam rangka mengemban amanat UU No.5 Tahun 1999 yaitu melakukan Penegakan Hukum Persaingan dan Penyampaian saran  dan pertimbangan terhadap pemerintah baik pusat maupun daerah, penilaian merger dan akuisisi serta pengawasan kemitraan. KPPU KPD Balikpapan menerima mahasiswa yang akan melakukan penelitian tugas akhir serta magang di Kantor Perwakilan Balikpapan. Aktris Nuryanti  menjelaskan bahwa pihak universitas setempat menerima dengan terbuka dan mendukung keberadaan KPPU khususnya di Kota Pontianak dalam rangka pelaksanaan kerjasama dalam bidang pendidikan, advokasi dan penegakan hukum persaingan usaha.

Rachmawati selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Perilaku Konsumen menyampaikan bahwa perlindungan konsumen tidak dapat terlepas dari persaingan usaha. Adapun yang sering terjadi adalah persaingan usaha yang tidak fair, seperti dalam industri penerbangan dimana hanya dikuasai oleh 3 maskapai besar yaitu Garuda Indonesia (termasuk Citilink), Lion Air (Wings Air dan Batik Air) serta Sriwijaya Air (NAM Air) sehingga hal ini menimbulkan posisi dominan dimana harga tiket pesawat menjadi sangat mahal. Dalam waktu dekat ini, maskapai telah mengajukan permohonan kenaikan harga batas bawah tiket pesawat.

Selanjutnya Abdul Hakim Pasaribu juga menjelaskan saat ini kppu pusat telah membentuk Forum Dosen Persaingan Usaha (FDPU) yang diikuti oleh Dosen Hukum dan Ekonomi seluruh Indonesia, dan hasil pertemuan ini akan dikoordinasikan lebih lanjut ke kantor KPPU pusat di Jakarta sehingga para dosen Fakultas Hukum dapat bergabung dalam FDPU. (ik)