Kepala KPD Balikpapan Sosialisasikan Penegakan Hukum Persaingan Usaha di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat

Banjarmasin(13/09)- Bertempat di Auditorium Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Abdul Hakim Pasaribu selaku Kepala KPD Balikpapan mensosialisasikan Penegakan Hukum Persaingan kepada Mahasiswa/i  serta Dosen  di  Fakultas Hukum ULM.

Pada kesempatan tersebut, Abdul Hakim Pasaribu  mengenalkan bagaimana proses penegakan hukum persaingan usaha di Indonesia melalui UU No. 5 Tahun 1999 dan latar belakangnya. KPPU mempunyai tugas untuk mengawasi perilaku pelaku usaha di dalam industri yang menyangkut hajat hidup orang banyak, industri stategis yang penting bagi negara, industri dengan tingkat konsentrasi tinggi, industri unggulan nasional maupun daerah . Kepala Kantor KPPU Balikpapan mengatakan juga bahwa secara garis besar tugas KPPU meliputi 4 (empat) hal yakni Penegakan Hukum, Advokasi Kebijakan, Penilaian Merger dan Pengawasan Kemitraan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum ULM, Ikhsan Anwari yang turut hadir pada acara tersebut menyampaikan, bahwa kuliah umum ini hanya salah satu bentuk dari kerja sama yang dijalin ULM dan KPPU dalam bidang Hukum Persaingan Usaha. Harapannya, dari sosialisasi ini diharapkan mahasiswa yang nantinya pada semester VI dapat mengerti bagaimana proses penegakan hukum persaingan usaha di Indonesia melalui UU No. 5 Tahun 1999.

 

Kegiatan ini diharapkan dapat Melalui instrumen persaingan usaha yang sehat (hukum persaingan dan kebijakan persaingan) diharapkan mampu mendorong hadirnya produk-produk yang berdaya saing tinggi serta melahirkan pelaku usaha dengan daya saing tinggi tutup AbdulHakim. (ik)