KPPU KPD Balikpapan Awasi Kemitraan di Kalimantan Tengah

Palangka Raya (4/9)– Dalam rangka melaksanakan amanat UU No 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ,  Abdul Hakim Pasaribu melakukan koordinasi dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Tengah.

Hadidjah selaku Seketaris Dinas Koperasi UMKM Provinsi Kalimantan Tengah menerima langsung kedatangan KPPU, adapun tujuan yang ingit didapatkan adalah untuk mengetahui sampai mana kegiatan Satgas Kemitraan yang ada di Kalimantan Tengah, karena selama ini KPPU Perwakilan Balikpapan sudah banyaknya menerima laporan di sektor kemitraan, khususnya di wilayah kerja Kalimantan Timur dimana masih banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan inti dengan plasma kelompok petani tidak selaras dengan prinsip keadilan dan saling menguntungkan. “Kami menemukan  adanya perusahaan yang melakukan eksploitasi besar-besaran terhadap koperasi  inti plasma Kelapa Sawit di wilayah kerja KPPU Balikpapan” tutur Hakim.

Hadidjah menjelaskan saat ini telah melihat  adanya permasalahan yang ada di Perkebunan Kelapa Sawit tetapi hal ini sulit dideteksi karena masih adanya anggota koperasi yang berpihak kepada perusahaan walaupun terdapat eksploitasi terhadap koperasi tersebut. Hal ini dipicu adanya permasalahn internal anggota koperasi sendiri dibandingkan dengan hubungan dengan perusahaan inti.

Pada akhir pertemuan, Abdul Hakim Pasaribu menjelaskan bahwa KPPU juga memiliki kewenangan dalam mengevaluasi kebijakan yang berdampak kepada persaingan usaha, penegakan hukum persaingan, merger serta pengawasan kemitraan. Pengawasan kemitraan ini bertujuan mengurangi kesenjangan ekonomi di daerah sehingga diharapakan dengan melakukan kerjasama kemitraan maka para petani melalui wadah Koperasi dapat meningkat kesejahteraannya. Hasil pertemuan ini akan dilaporkan kepada Direktorat Pengawasan Kemitraan di Kantor Pusat KPPU Jakarta. (ik)