Kuliah Umum Bertema Persaingan Usaha di Banjarmasin

Banjarmasin (13/9) – Dalam rangka mewujudkan implementasi kerjasama antara KPPU dengan Universitas Lambung Mangkurat, KPD Balikpapan menggelar kuliah umum kepada mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Kamis. Hadir sebagai pemberi materi bertajuk Penegakan Hukum Persaingan Usaha di Indonesia, Kepala KPD Balikpapan, Abdul Hakim Pasaribu.

Kuliah umum yang dihadiri langsung juga oleh Wakil Dekan Fakultas Hukum, mahasiswa baru sampai dengan mahasiswa pascasarjana ULM ini membahas tentang putusan-putusan KPPU, usulan tugas akhir mahasiswa, serta berfungsi untuk menajamkan pemahaman mahasiswa.

Hakim menjelaskan kepada mahasiswa mengenai empat tugas utama KPPU, “Mahasiswa juga harus mengetahui betul tentang tugas KPPU, seperti pada penegakan hukum, advokasi kebijakan, pengendalian merger, dan pengawasan kemitraan,” jelasnya.

Banyak mahasiswa yang juga tertarik memahami kasus-kasus yang tengah terjadi di masyarakat dan menyebabkannya berhubungan dengan KPPU. Namun secara tidak sadar, masyarakat menjadi pihak yang merugi akibat perilaku pelaku usaha yang dilarang, seperti kegiatan oligopoli, penetapan harga, pembagian wilayah, pemboikotan, kartel, oligopsoni, invegrasi vertikal, posisi dominan, kepemilikan silang, monopoli, monopsoni, penguasaan pasar, dan persekongkolan.

Hakim juga menjelaskan alur penanganan perkara di KPPU, mulai dari klarifikasi laporan, penyelidikan, pemberkasan, sidang majelis pemeriksaan pendahuluan, sidang majelis pemeriksaan lanjutan, hingga putusan. (IP)