Kepala KPD Balikpapan Temui Kepala BI Perwakilan KALTARA

Tarakan (4/2)- Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltara, Hendik Sudaryanto menerima kunjungan Abdul Hakim Pasaribu, Kepala KPD Balikpapan, Audiensi ini merupakan tindak lanjut kegiatan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang diselenggarakan oleh Provinsi Kalimantan Utara.

KPPU telah menerima kunjungan DPRD Kota Tarakan terkait dengan isu persaingan usaha dalam industri udang beku di kota Tarakan. KPPU KPD Balikpapan selanjutnya langsung terjun ke lapangan dengan mengumpulkan data dan informasi dari petambak, perusahaan Cold Storage serta DPRD Kota Tarakan. Selain itu, KPPU juga memanggil Kementerian Perikanan dan Kelautan dan Kementerian Perdagangan untuk mengetahui bagaimana pergerakan ekspor dan harga udang internasional. Naiknya nilai tukar dollar ini tidak serta merta menaikan harga udang beku, Jepang sebagai salah satu negara tujuan ekspor udang windu juga mengalami gejolak ekonomi sehingga daya beli masyarakat menurun.Selain Indonesia ada juga India, Thailand dan Vietnam yang menjadi negara eksportir udang beku, sehingga apabila pasokan udang dunia melimpah maka harga akan turun.

Berkaitan dengan sektor logistik, pada tahun 2012 KPPU telah melakukan kajian pelabuhan di kota Tarakan. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, banyak hambatan muncul di lapangan yang menyebabkan tidak selesainya kajian tersebut. KPPU mengharapkan BI Kpw Kaltara dapat melakukan Kajian Jalur Distribusi, kemudian dapat menyelaraskan hasilnya dengan KPPU.