KPPU Sosialisasikan UU Persaingan Usaha Kepada Media di Balikpapan

Balikpapan (2/10) Bertempat di Ruang Sidang KPPU Balikpapan, Ukay Karyadi selaku Wakil Ketua KPPU RI didampingi oleh Abdul Hakim Pasaribu selaku Kepala Kantor Perwakilan Balikpapan mengundang Media Cetak dan Elektronik se Kota Balikpapan dalam rangka mensosialisasikan UU Persaingan Usaha.

Ukay Karyadi menyampaikan bahwa hari ini adalah kali pertama datang ke Kota Balikpapan setelah dilantik oleh Presiden, sehubungan dengan tugas sebagai Wakil Ketua adalah menjadi penanggung jawab Kantor Perwakilan Daerah. “Tadi pagi kami telah bertemu dengan Walikota Balikpapan dalam rangka melakukan audiensi dan sinergi kelembagaan antara kPPU dan Pemerintah Kota Balikpapan. Kantor Perwakilan Balikpapan telah berdiri 13 Tahun, dimana sudah banyak output yang dihasilkan salah satunya adalah penyelarasan kebijakan pemkot balikpapan terkait pengaturan minimarket. Walikota juga meminta KPPU melakukan pengawasan terhadap tender pada sektor migas, diharapkan pelaku usaha kecil dapat terlibat dilibatkan” ungkap Ukay.

KPPU sesuai dengan tugas dan fungsinya senantiasa memantau berbagai isu sektoral yang mencakup kebutuhan masyarakat luas termasuk isu di sektor pangan. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya tingkah laku pelaku usaha yang anti persaingan sehat sehingga merugikan masyarakat. Salah satu prioritas utama pengawasan KPPU adalah sektor pangan. KPPU telah menerima kunjungan DPRD Kota Tarakan terkait dengan isu persaingan usaha dalam industri udang beku di Kalimantan Utara, hal yang menjadi pemicu adalah mengapa harga udang tidak naik ketika harga dollar naik. Oleh karena itu, KPPU KPD Balikpapan telah melakukan pengumpulan data dan informasi kepada petambak dan perusahaan cold storage di Kota Tarakan.

Abdul Hakim Pasaribu memaparkan capaian KPPU KPD Balikpapan pada tahun 2018 diantaranya yaitu Bagian Penegakan Hukum KPD Balikpapan telah menerima 5 laporan, 3 Penyelidikan,  3 Penelitian. insiatif dengan Perkara yang berjalan sebanyak 4 Perkara. Pada bulan Oktober akan mulai persidangan 4 Perkara dengan lokasi di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Terkait dengan kegiatan pencegahan, KPPU KPD Balikpapan telah melakukan kajian rotan, Kajian kemitraan dalam Perkebunan Sawit di Kabupaten Paser dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur serta Kajian Sektor Pangan: Ayam dan Sapi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Sebagai tindak lanjut MoU antara KPPU dengan Pemprov Kaltim, pada tanggal 24 Oktober 2018 akan dilaksanakan Kegiatan Asistensi Penyelarasan Kebijakan Persaingan Usaha dengan mengundang Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Kaltim.