Wakil Ketua KPPU RI Audiensi dengan Walikota Balikpapan

 

 

Balikpapan (2/10) – Ukay Karyadi selaku Wakil Ketua KPPU RI melakukan Audiensi dengan Rizal Effendi selaku Walikota Balikpapan membahas sinergi antara KPPU dengan Pemkot Balikpapan. Pertemuan ini dilaksanakan di ruang Kerja Walikota Balikpapan. Turut mendampingi Charles Pandji Dewanto selaku Plt.Sekretaris Jenderal dan Abdul Hakim Pasaribu sebagai Kepala Kantor Perwakilan Daerah Balikpapan. Walikota Balikpapan mengharapkan  KPPU dapat mengawasi tender dalam sektor migas sehingga para pelaku usaha kecil di Kota Balikpapan dapat ikut terlibat langsung. Rizal Effendi menyampaikan bahwa  Pemkot Balikpapan sedang menyusun Peraturan Daerah yang bersinggungan langsung dengan aktifitas usaha di Kota Balikpapan, maka diharapkan KPPU dapat memberikan masukan agar peraturan tersebut selaras dengan UU No 5 Tahun 1999 sebagaimana pada tahun 2016  KPPU telah mengirimkan Surat Saran terkait Perwali Nomor 34 Tahun 2013 tentang Pembatasan Usaha Minimarket dan Minimarket Pola Waralaba.

 

“KPPU sesuai dengan tupoksinya akan senantiasa membuka lebar-lebar kepada pemerintah daerah dalam rangka penyusunan peraturan daerah, saat ini KPPU telah memiliki Daftar Periksa Kebijakan Persaingan Usaha sebagai salah satu alat untuk mendeteksi apakah peraturan daerah yang diterbitkan bertentangan dengan UU No 5 Tahun 1999. Selanjutnya pihak Pemkot Balikpapan dapat langsung berkoordinasi dengan Kantor Perwakilan Daerah Balikpapan untuk langsung menindaklanjuti” Ungkap Ukay.

“Pada tanggal 24 Oktober 2018, KPPU Kantor Perwakilan Daerah Balikpapan berencana melaksanakan Asistensi Penyelarasan Kebijakan Persaingan Usaha dengan mengundang Bagian Ekonomi, Bagian Hukum dan Dinas Perdagangan se-Kaltim, oleh karena itu diharapkan perwakilan dari Pemkot Balikpapan dapat turut hadir dalam kegiatan tersebut sehingga dapat langsung membahas permasalahan sesuai dengan kasus yang dihadapi” tutup Abdul Hakim.

 

Pelaksanaan Audiensi ini ditutup dengan pertukaran cindera mata antara Wakil Ketua KPPU RI dengan Walikota Balikpapan.