Membahas Mengenai Hilirisasi Sawit Kepala Kantor KPPU Perwakilan Balikpapan Audiensi dengan Bupati Ketapang

 

Ketapang (2/11)- Sektor perkebunan Kelapa Sawit berkembang pesat di pulau Kalimantan khususnya di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, hal tersebut karena di kedua provinsi tersebut sangat cocok untuk dijadikan perkebunan sawit dibandingkan dengan provinsi-provinsi lainnya. Kepala Kantor KPPU Perwakilan Balikpapan Abdul Hakim Pasaribu didampingi Kepala Bagian Pencegahan liasari beserta staf melakukan Audiensi dengan Bupati Ketapang dan diterima langsung oleh Martin Rantan diruang kerjanya untuk membahas mengenai hilirisasi sawit yang akan dilaksanakan oleh Kabupaten Ketapang melalui perusahaan daerah (BUMD).

Abdul hakim mengatakan bahwa saat ini KPPU mengumpulkan data dan informasi dalam rangka menindaklanjuti rencana Pemerintah Kabupaten Ketapang untuk meminta seluruh perkebunan sawit di kabupaten Ketapang untuk dapat mengalokasikan 5 – 10% produksi CPO perbulan untuk dijual ke BUMD.

“Kebijakan pemerintah Kabupaten Ketapang ini dipastikan akan menyebabkan berkurangnya pilihan perusahaan Kelapa Sawit untuk menjual hasil produksinya kepada pelaku usaha lain, selanjutnya KPPU akan melakukan kajian lebih lanjut apakah kebijakan ini bersinggungan dengan UU No. 5 Tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat” ujar hakim. (IK)