KPPU Ajak Masyarakat Laporkan Bila Ada Persaingan Usaha Tidak

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Perwakilan Daerah Balikpapan yang membawahi seluruh Provinsi di Kalimantan berkunjung ke Kantor Banjarmasin Post, Rabu (12/12/2018) sore.

Dipimpin Kepala Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Balikpapan, Abdul Hakim Pasaribu beserta jajaran, rombongan KPPU diterima langsung Pemimpin Redaksi Banjarmasin Post, Musyafi’, Wakil PP Bidang Humas, M Fachmy Noor, Manajer Produksi, Hari Tri Widodo, dan Redaktur Ekonomi Bisnis, Anjar Wulandari.

Disampaikan Abdul Hakim, kunjungan ini merupakan audiensi dan jalinan silaturahmi sekaligus meminta masukan bagaimana kondisi persaingan usaha di Kalimantan Selatan.

“Sehingga dengan adanya komunikasi ini kami bisa lebih mengoptimalkan tugas dan kewenangan KPPU dalam menciptakan kondisi persaingan usaha yang lebih sehat di Kalsel,” jelasnya.

Selain itu pihaknya juga ajak seluruh elemen masyarakat untuk melaporkan apabila ada isu-isu persaingan yang tidak sehat.

“Tahun ini hanya ada enam pelaporan yang ada di seluruh Kalimantan, ini lebih sedikit dari inisiatif KPPU yang mana ada tujuh sumber perkara,” tuturnya.

Menurutnya sangat sedikitnya laporan ini disebabkan jauhnya wilayah KPD KPPU yang di Kalimantan, selain itu keengganan dari pemangku kepentingan untuk menyampaikan langsung Kepada KPPU.

“Inilah tugas KPPU lebih aktif lagi untuk menggandeng pemangku kepentingan baik itu masyarakat, media, mahasiswa, asosiasi, untuk tidak sungkan menyampaikam isu persaingan,” terangnya.

Ia menerangkan masyarakat bisa menyampaikan laporan tertulis bila mendapat persaingan tidak sehat kepada KPPU Balikpapan, dengan minimal harus ada identitas dari pelapor.

“Tapi jangan khawatir idenditas pelaporan wajib dirahasiakan KPPU, yang penting informasi masuk dulu dan bisa kami konfirmasi ulang kepada pelapor,” kata dia.

Tahun 2019, ia mengharapkan jumlah laporan-laporan di seluruh Kalimantan bisa meningkat dari tahun 2018.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Maulana)