KPPU Balikpapan Turunkan TIM Pantau Pergerakan Harga Pangan

Balikpapan, (13/12) – Dalam rangka antisipasi ketersediaan barang dan lonjakan harga menjelang Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Satuan Tugas Pangan Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Satgas Pangan Polda Kaltim) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Lintas Lembaga di ruang rapat DIRKRIMSUS POLDA Kaltim. Rakor ini turut dihadiri oleh perwakilan dari KPPU KPD Balikpapan, BULOG, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan dan BPS Kota Balikpapan .

Kepala Satgas Pangan AKBP Seber Kombong menyampaikan rapat ini membahas ketersediaan bahan pangan, rantai distribusi pangan, dan pemantauan harga pangan menjelang Hari Raya Natal 2018 dan menyambut Tahun Baru 2019.

“Setelah kita mengumpulkan data dan informasi dari tim satgas pangan Polda Kaltim, maka selanjutnya akan langsung turun lapangan untuk melakukan sidak ke distributor – distributor dan pasar yang ada di Kota Balikpapan dalam rangka memastikan ketersediaan bahan pangan” ujar Seber.

KPPU KPD Balikpapan sendiri menginformasikan siap utk berkoordinasi dengan Satgas dan instansi terkait terutama Dinas Perdagangan dalam mengantisipasi adanya pelaku usaha yang memanfaatkan momentum hari besar tersebut sehingga bisa berdampak terhadap adanya persaingan usaha tidak sehat. Selain itu jg disampaikan KPPU telah menurunkan Tim utk memantau pergerakan harga dan setiap ketersediaan barang-barang pokok ke pasar tradisional dan retail modern di Kota Balikpapan. Sejauh ini tidak ditemukan adanya btindakan2 yang mengarah terhadap pengaturan pasokan atau pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha. Meskipun demikian KPPU KPD balikpapan akan tetap melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan instansi teknis terkait utk mengantisipasi adanya kenaikan harga akibat perilaku persaingan usaha yang tidak sehat. (IK)