Kanwil V KPPU di Balikpapan Gelar Buka Puasa Bersama Wartawan

 

Balikpapan (17/5)- Komisioner KPPU Guntur Saragih berkesempatan bersilaturahmi dan buka puasa bersama wartawan yang bertugas di Wilayah Kerja Kanwil V KPPU di Balikpapan. Buka puasa bersama ini diawali Forum Jurnalis dengan membahas isu-isu persaingan usaha. Hal pertama yang disampaikan adalah adanya perubahan nomenklatur penyebutan Kantor Perwakilan Daerah (KPD) KPPU di Balikpapan menjadi Kantor Wilayah (Kanwil) V KPPU di Balikpapan, dimana wilayah kerja tetap sama melingkupi 5 provinsi yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Dalam sesi Tanya jawab forum jurnalis, topik yang menjadi perhatian wartawan adalah masih mahalnya tiket pesawat terbang dan naiknya harga kargo. “KPPU telah mengamati kenaikan tiket pesawat ini sejak tahun 2018, dan hal ini yang telah mendorong KPPU melakukan penelitian baik dari sisi perilaku maupun kebijakan” demikian papar Guntur. Untuk penelitian perilaku bahkan saat ini sudah ditingkatkan masuk ke penyelidikan. Dari sudut kebijakan, KPPU melakukan koordinasi dengan kementerian Perhubungan. Salah satu solusi yang dihasilkan adalah penurunan Tarif Batas Atas (TBA) dan sampai saat ini KPPU terus memantau pergerakan harga tiket. Selain itu KPPU juga sedang menangani penyelidikan kartel tarif kargo maskapai serta memanggil pihak-pihak terkait untuk dimintakan keterangan.
Sementara itu, Kepala Kanwil V KPPU di Balikpapan Abdul Hakim Pasaribu mengungkapkan bahwa perkara tentang persekongkolan dalam tender masih menjadi kasus terbanyak yang ditangani di wilayah kerjanya. “Dalam rangka stabilisasi harga pangan saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1440 H, kami terus melakukan koordinasi dengan Satgas Pangan Polda Kaltim melalui sidak, pemantauan langsung ke pasar tradisional dan modern termasuk gudang-gudang distributor. KPPU juga turut aktif dalam Koordinasi dengan Tim Pengedali Inflasi Daerah (TPID) Kaltim dan Kota Balikpapan” ujar Hakim