Kantor Wilayah V KPPU di Balikpapan melakukan audiensi dengan Universitas Borneo Tarakan

 

(14/5)-KPPU Kantor Wilayah V melakukan audiensi dengan Universitas Borneo Tarakan terkait Rencana MoU antara Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dengan Universitas Borneo Tarakan (UBT), Abdul Hakim Pasaribu Kepala KPPU Kanwil V diterima langsung oleh Bapak Dr. Ir. Adi Sutrisno, MP selaku Wakil Rektor I bidang Akademik dan Sistem Informasi.
Pertemuan ini merupakan salah satu langkah KPPU untuk lebih meningkatkan hubungan dengan lembaga pendidikan yang ada di Kalimantan Utara. Dr. Ir. Adi Sutrisno, MP selaku Wakil Rektor I bidang Akademik dan Sistem Informasi, sangat antusias menyambut kedatangan KPPU. Beliau mengatakan bahwa Pihak UBT sangat menyambut rencana MoU dengan KPPU, karena Zulvia Makka selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Hukum Persaingan Usaha telah lama berhubungan dan bekerjasama dengan KPPU Kanwil V Balikpapan sejak tahun 2012.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kanwil V Abdul Hakim Pasaribu menjelaskan Kerjasama antara KPPU dengan UBT sebetulnya sudah lama dilaksanakan melalui kuliah umum, penelitian dan narasumber. KPPU sendiri memiliki tugas sesuai dengan manah UU No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persainagn Usaha Tidak Sehat serta UU No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Kecil Menengah. Dalam hal ini KPPU tentu tidak dapat menjalankan tugasnya sendiri, untuk itu diperlukan adanya kerja sama yang aktif dan dinamis antara KPPU dan lembaga lainnya terutama Universitas Borneo Tarakan yang nantinya akan dilakukan dalam bentuk MoU. KPPU sudah melakukan MoU dengan beberapa Perguruan Tinggi di Kalimantan seperti Universitas Mulawarman Samarinda, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.


Adapun tujuan daripada Mou ini bagi KPPU adalah untuk menginternalisasikan nilai-nilai persaingan kepada mahasiswa dan para dosen untuk lebih mengenal tentang keberadaan KPPU dan diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan Universitas Borneo Tarakan khususnya dalam bidang hukum persaingan. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan antara KPPU dan Universitas Borneo Tarakan sebagai wujud dari MoU nantinya adalah dengan melakukan kajian atau penelitian yeng berkenaan dengan hukum persaingan usaha maupun kajian atau penelitian lainnya sesuai dengan apa yang dibutuhkan masing-masing pihak.(IK)