Ciptakan Iklim Persaingan Usaha yang Sehat Kakanwil V KPPU Bersinergi Dengan Bak Indonesia Balikpapan

 

Balikpapan,(09/07). Pada tanggal 1 Juli 2019, Ketua KPPU Republik Indonesia Kurnia Toha resmi melantik Pejabat Eselon II Kantor Wilayah V Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Pelantikan tersebut dilakukan di ruang Sidang 1 Kantor KPPU Pusat. Dalam rangka sinergi dan koordinasi antara KPPU dengan stakeholder, Kantor Wilayah V KPPU melakukan kunjungan Audiensi ke Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia Balikpapan.

Dipimpin Kepala Kantor Wilayah V (Kanwil) KPPU, M. Hendry Setyawan bersama Direktur Advokasi Persaingan dan Kemitraan Abdul Hakim Pasaribu (Kepala Kanwil V lama) beserta jajaran, rombongan KPPU diterima oleh Kepala Bank Indonesia, Bimo Epyanto.

Disampaikan Hendry, kunjungan ini merupakan audiensi dan jalinan silaturahmi serta dalam rangka pisah sambut Kakanwil V KPPU sekaligus meminta masukan bagaimana kondisi persaingan usaha di Kalimantan Timur.

“Sehingga dengan adanya komunikasi ini kami bisa lebih mengoptimalkan tugas dan kewenangan KPPU dalam menciptakan kondisi persaingan usaha yang lebih sehat di Kaltim,” jelasnya.

Lebih lanjut Hendry menjelaskan, “Kantor Wilayah V KPPU akan senantiasa berperan aktif khususnya dalam TPID memantau indikasi adanya permainan harga yang disebabkan hambatan dari pengurangan pasokan maupun hambatan masuk ke pasar. Sebagian besar pasokan komoditas pangan di Kota Balikpapan didatangkan langsung dari Sulawesi maupun Jawa. Ketergantungan ini yang menjadi salah satu penyebab terjadinya gejolak harga. Seharusnya pemerintah Kota Balikpapan melakukan kerjasama G to G antar Pemerintah Daerah terkait dengan pasokan komoditas pangan tertentu agar kenaikan harga dapat diantisipasi.” tutupnya.